Entri Populer

Minggu, 23 Oktober 2011

Tips-tips berkendara aman dan nyaman.

A. TIPS MENGENDARAI SEPEDA MOTOR.

Sebelum mengendarai dan selama berkendaraan ada beberapa hal yang harus dipersiapkan agar perjalanan menjadi aman dan nyaman.

1. Persiapan sebelum berkendara :

Persiapkan mental dan nyakinkan kondisi fisik dalam keadaan fit (termasuk tidak dalam pengaruh / mengkonsumsi obat). Gunakan helm untuk melindungi kepala dan alas kaki sebagai tumpuan selama berkendara, lengkapi dengan jaket tangan panjang (jika memungkinkan pakai pelindung dada) dan celana panjang untuk kenyamanan berkendara (hal ini menjadi sangat penting dikarenakan pelindung utama tubuh kita adalah jaket). Periksa tekanan angin ban sesuai standar dari pabrikan motor dan ban sesuai ukuran standar, juga periksa keausan alur ban untuk kestabilan kontrol saat melakukan pengereman dan berbelok dalam kecepatan tertentu. Periksa ketersediaan bahan bakar (hal ini akan memberikan ketenangan lebih jika persediaan dalam kondisi cukup), periksa juga fungsi normal rem depan dan belakang, termasuk fungsi – fungsi lain sebagai pendukung lancarnya berkendaraan (lampu sain, lampu depan dan belakang, lampu rem) dan periksa posisi kaca spion agar memberikan hasil yang maksimal untuk kenyamanan dan keamanan. Duduk senyaman mungkin pada posisinya dengan pandangan bebas dan posisi tangan dan kaki dalam jangkauan yang nyaman untuk mengoperasikan semua fungsi kendaraan.



2. Beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilakukan saat berkendara :

A. Selalu gunakan lajur kiri dan jalur peruntukan khusus untuk kendaraan bermotor, tindakan mengambil jalur kanan dan mengambil jalur yang bukan merupakan peruntukan motor (kasus yang paling sering adalah menggunakan trotoar sebagai jalur motor) sangat beresiko terhadap kecelakaan dan bisa menyebabkan resiko yang sangat fatal.

B. Selalu memberikan arah tujuan dengan lampu sein kepada pengendara lain sebelum berpindah jalur, dan nyalakan lampu sein sebelum mencapai persimpangan untuk belok kiri atau kanan, serta pastikan kondisi lalu lintas dalam kondisi aman untuk kita sebelum kita melaksanakan pindah jalur.

C. Hindari kecepatan tinggi, berbelok patah dan pengereman keras saat melewati jalan penuh batu, lubang Lumpur, pasir atau pada kondisi lalu lintas ramai dengan pejalan kaki atau mungki hewan yang menyebrang.

D. Operasikan rem depan (lebih kuat dari rem belakang) dan lakukan pengereman pada saat bersamaan antara depan dan belakang.

E. Hindari berkendara dengan satu tangan dengan alasan apapun, serta tingkatkan kewaspadaan berkendara terutama pada malam hari dikarenakan penyinaran sepeda motor yang menyebabkan pandangan kita terbatas.

F. Jangan gunakan earphone untuk menggunakan walkman atau radio atau MP3 set saat berkendara, karena hal ini sangat membahayakan bagi keselamatan diri dan orang lain, termasuk tidak menggunakan perangkat handphone saat berkendara, carilah area aman untuk menerima handphone dan berhentilah sejenak jika panggilan dimaksud memang sangat penting untuk diterima.

Selamat berkendara dengan aman dan nyaman, dan selamat sampai tujuan. Dikutip dari (88DB).


A. TIPS MENGENDARAI MOBIL.

Berkendara dengan mobil telah menjadi aktifitas sehari-hari Anda.
Tentunya kita mengharapkan agar aktifitas mengemudi kita sehari-hari berjalan aman dan lancar. Berikut tip-tips berkendara yang aman yang perlu Anda cermati :

1. Periksa mobil Anda. Rem, ban, kaca depan, penghapus kaca dan lampu adalah piranti yang kritis.

2. Jaga jarak aman kendaraan Anda, untuk menghindari rem yang mendadak dari kendaraan di depan Anda.

3. Hati-hati mengonsumsi obat. Sesuai anjuran dan larangan saat minum obat, Anda sebaiknya tidak mengoperasikan mesin atau mengendarai mobil.

4. Berhenti jika lelah. Saat mata mengantuk dan badan terasa capai.

5. Konsentrasi pada saat menyetir. Pastikan mata Anda melihat ke depan dan selalu waspada.

6. Jaga kesabaran. Jangan biarkan kemacetan mengganggu Anda.

7. Patuhilah rambu lalu lintas

8. Catat nomor penting untuk bantuan, seperti posko banjir, polisi, dan rumah sakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar