Entri Populer

Sabtu, 22 Oktober 2011

Gejala Depresi Remaja dan Akibat yang Ditimbulkannya

dampak depresi remajaTanda-tanda depresi remaja seringkali disalahartikan oleh setiap orang tua. Orang tua sering menganggap bahwa depresi remaja itu hanya salah satu dari perkembangan kehidupan remaja yang normal. Jika depresi ini dibiarkan begitu saja, maka remaja akan mengalami berbagai masalah serius yang mempengaruhi perkembangannya.
Mengenali Tanda-Tanda Depresi Remaja
Orang tua sering mengabaikan gejala-gejala umum yang terkait dengan depresi hanya sebagai perilaku remaja yang khas. Sedangkan di sisi lain remaja merasa menderita atas apa yang terjadi pada mereka, namun mereka akan lebih cenderung untuk menutupi apa yang sedang terjadi pada mereka. Ketika Anda bertanya apa yang terjadi, mereka akan menjawab aku baik-baik saja.
Ada beberapa tanda dari gejala depresi yang secara umum remaja akan meniru gejala depresi yang terjadi pada orang dewasa. Selain itu, remaja akan mengalami kelelahan yang kronis, tidak dapat focus pada apa yang dijalani, hilangnya konsentrasi, dan mudah tersinggung. Ketika depresi ini berlangsung, remaja akan merasa bingung dan gelisah, karena mereka akan berusaha untuk mengatasi masalah yang melemahkan ini. Gejala lain yang sering terlihat adalah berteriak, menangis, mengeluh, dan merasa letih.
Seperti yang terjadi pada orang dewasa, gejala depresi ini akan mempengaruhi kesehatan fisik remaja. Remaja akan mudah mengalami sakit kepala, nyeri, dan masalah pencernaan seperti sakit perut. Tanda-tanda lainnya yaitu adanya masalah tidur seperti insomnia atau kelelahan yang kronis. Gejala yang lebih serius dari depresi ini adalah keinginan remaja untuk mengakhiri hidupnya atau bunuh diri.
Jika dalam jangka waktu dua minggu remaja tidak mengalami perubahan, orang tua harus berbicara dengan serius kepada remaja dan mencari bantuan professional.
Penyebab dan Akibat Depresi Remaja
Depresi sering disebabkan oleh factor eksternal yang dapat menyebabkan stress. Seperti contoh perceraian orang tua, sebuah kekecewaan dalam keluarga yang dinamis, masalah keuangan, pelecehan seksual, kehilangan seseorang yang disayang, atau juga bisa karena trauma akan suatu keadaan.
Remaja yang lain memandang depresi sebagai akibat dari ketidakmampuan seorang remaja mencapai tujuan tertentu. Tujuan ini dapat diartikan sebagai tujuan akademik, sosial, atau yang lainnya. Sebagai contoh, remaja akan merasa tertekan dan sedih ketika dia tidak bisa diterima oleh rekan-rekan mereka, ini bisa mengakibatkan depresi remaja.
Dampak depresi remaja yang lebih sering terlihat adalah penurunan nilai akademik mereka di sekolah. Biasanya remaja akan menunjukkan penurunan dengan membiasakan diri mereka untuk membolos sekolah, kehilangan focus ketika pelajaran berlangsung, atau mereka kehilangan semangat untuk mencapai target untuk berhasil. Selain itu, mereka mungkin akan keluar dari kegiatan ekstrakurikuler dan yang lebih membahayakan lagi adalah remaja akan lebih rentan untuk terjerumus ke narkoba dan minum-minuman keras.
Itu adalah sedikit tentang gejala depresi remaja dan akibat yang ditimbulkannya. Semoga bermanfaat…..^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar