Entri Populer

Sabtu, 22 Oktober 2011

Kecerdasan Vs Keahlian

Asslamau'alaikum...
apa kabar semuanya...ketemu lagi nich ma aku (pemalu tapi ga malu2in) lho...
pada kesempatan ini, aku pengen nulis sedikit tentang 2 hal yang bisa dikatakan sama tapi juga bisa dikatakan beda...dari dulu selalu nulis masalah IT, sekarang mau nulis yang agak berbeda dari biasanya...
hari ini, aku yudisium dan alhamdulillah hasilnya diluar dugaan. mata kuliah yang aku pikir bakalan dapet nilai jelek, eh...ga taunya dapet nilai baugus...halah...meskipun IP-ku tetep aja jeblog !!! tapi aku bangga, karena sekarang aku udah bisa buat karya sendiri alias buat aplikasi karya sendiri, apalagi kalau bukan aplikasi berbasis web !
sekarang langsung ke intinya saja...
ada yang tau ga arti kecerdasan...iya bener, cerdas itu pinter. kecerdasan adalah kemampuan akademis seseorang didalam mengerjakan sesuatu/menyelesaikan sesuatu. kenapa kemampuan akademis saja...?
Ok! sekarang coba dipikir, apakah orang/anak cerdas itu pasti bisa semuanya ? misal: ada anak cerdas/pandai baca puisi, apakah dia juga bisa membuat laporan keuangan...jawabannya pasti TIDAK tho. nah itulah kenapa aku bilang kecerdasan itu identik dengan hal2 yang sifatnya akademis.
hal ini sebenarnya akan kelihatan lucu ketika kita sandingkan dengan pelajaran atau mata kuliah semasa kita skul/kuliah ? mana yang lebih penting, bisa mengerjakan sesuatu atau ahli dalam suatu bidang ?
kamu2 semua pasti bingungkan mau jawab apa ? jawab aja kedua2nya...cuma akan muncul pertanyaan...apakah semuanya itu bisa kita kuasai?
BISA ! memang bisa, tapi bisakah semuanya kita kuasai serentak alias bareng2, bisa2 kepala ini meledak...
intinya, cerdas itu adalah kemampuan akademis seseorang yang sangat mungkin untuk dinilai dengan sebuah angka atau huruf tapi tidak bisa dinilai dengan rasa hormat dan terima kasih. kenapa bisa begitu, jawabannya simple saja...kamu pinter tapi pendiem, apakah kamu akan dapat empaty temen2mu ? apakah bisa ? kalau jawaban kamu ga bisa, berarti kamu punya pikiran sama dengan aku !
SEDANGKAN !!!
keahlian adalah kemampuan akademis seseorang yang tertuang dalam hal praktis untuk menyelesaikan semua masalah yang dihadapi. kenapa demikian ? bisa kamu lihat, adakah seorang dokter yang mengobati pasiennya harus menghitung rumus matematikannya dulu...? ga ada kan ! yang ada si dokter pasti langsung tanya "mana yang sakit, sebentar ya saya periksa dulu". alatnyapun yang dipakai paling cuman stethoscope doank.
dalam hal ini, secara akademis dokter tadi pinter (ga tau dech, waktu kuliah dulu IP-nya berapa, karena meskipun IP-nya setinggi langit itu sama aja). coba kamu pikir, dalam hal teknis apakah kamu bisa meniru...kalau asal2an sich pasti... bisa bunuh orang, bukan ngobatin tapi malah membunuh orang karena ga tau caranya.
apakah dari contoh diatas sudah muncul gambaran akan artikel yang singkat ini...
Ya, kamu bener! kalau kamu pikir segala sesuatu bisa diselesaikan dengan nalar saja, kamu salah ! adakalanya segala sesuatu itu bisa diselesaikan dengan teknis.
kenapa kok bisa gini ? ya bisa banget ! coba pikir sejenak, apakah dukun itu pernah sekolah ? tapi kenapa kok bisa, bahkan ada yang bisa membantu kelahiran anak. karena mereka (dukun2 itu) tau hal2 teknis yang berhubungan dengan masalah yang dihadapi...
inti dari tulisan ini sebenarnya adalah...
jangan minder ketika kita kurang cerdas. artinya: bagi temen2ku yang habis yudisium yang dapet nilai kurang memuaskan, jangan patah semangat. kemampuan seseorang tidak diukur dari nilai yang berwujud angka atau huruf tapi lebih diukur dari kemampuan dalam menyelesaikan masalah atau mata kuliah yang diampu.
kecerdasan ga bisa dimusuhkan dengan keahlian, karena keahlian merupakan puncak dari kecerdasan. apa artinya nilai/IP bagus kalau tidak dibarengi dengan keahlian akan hal akademis dan teknis yang pernah dipelajari.
tanamkan dalam hatimu "ku tau yang ku mau" kaya iklan yach...tapi itulah kenyataan yang harus kamu tanam dalam2 di hati dan pikiranmu.
CARDAS BELUM TENTU AHLI, TAPI AHLI SUDAH PASTI CERDAS !!!
see u next time...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar